Morning Rush 3 Desember 2020
View PDF
03 Dec 2020

Global Market Closing Review 

Bursa Eropa (UE) dan Amerika (AS) ditutup variatif dengan kecenderungan positif, kecuali indeks Dax Jerman serta indeks Nasdaq AS yang ditutup negatif. Inggris memimpin kenaikan tertinggi di UE dengan sentimen izin penggunaan vaksin yang akan didistribusikan minggu depan. Pelaku pasar saat ini menanti izin penggunaan vaksin Pfizer & BioNTech di AS, setelah sebelumnya Inggris lebih dulu memberi persetujuan penggunaan pada hari Rabu waktu setempat, selain itu pasar menunggu progres pembahasan stimulus antara kongres AS dengan pemerintah yang ditargetkan dapat diluncurkan sebelum akhir tahun. 


Asia Market Opening 

Sebagain bursa Asia dibuka negatif pagi ini, dengan minimnya sentimen domestik dan antisipasi pasar terhadap rilis data ekonomi China terkait sektor jasa yang akan rilis pagi ini.


Domestic News 

  • SKK Migas dalam acara "International Convention on Indonesian Upstream Oil & Gas" kemarin, menandatangani enam perjanjian jual beli gas bumi (PJBG), amandemen perjanjian, dan perjanjian awal atau Head of Agreement (HoA) dengan total komitmen pasokan gas sebesar 240 juta kubik/perhari, potensi penerimaan negara dari transaksi tersebut diestimasi mencapai US$1,12 miliar.
  • SKK Migas dalam acara tersebut juga meluncurkan 9 paket stimulus untuk menjaga kinerja iklim investasi sektor hulu migas. Adapun salah satu bentuk stimulus adalah penundaan atau penghapusan pajak pertambahan nilai untuk gas alam cair (LNG). 
  • Bursa Efek Indonesia menetapkan perubahan hari libur sepanjang bulan Desember mengikuti kebijakan pemerintah, yaitu penambahan 1 hari libur nasional pada 9 Desember 2020 dan penetapan hari bursa efektif pada tanggal 28, 29 dan 30 Desember 2020 yang sebelumnya dinyatakan sebagai hari cuti bersama.


Emiten

MEDC - Perseroan melalui entitas usahanya, PT Medco E&P Indonesia, menandatangani amandemen perpanjangan masa kontrak hingga 2027 dan penambahan jumlah kontrak gas menjadi 9.01 TBTU pada perjanjian jual beli gas (PJBG) tahun 2016 dengan PT Medco E&P Rimau. Penjualan gas tersebut akan memberikan kontribusi pendapatan kotor gabungan sekitar US$11.09 juta, ditambah pendapatan pemerintah sebesar US$11.61 juta, dan kontraktor sebesar US$3.31 juta.






PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id